Panji Laksono (081219633036) bemkmipb.official@gmail.com

Sabtu (29/04) telah dilaksanakan talkshow wirausaha dan workshop pasca kampus oleh Kementerian Pengembangan Sumberdaya Mahasiswa. Acara ini bertempat di Common Class Room Auditorium, Institut Pertanian Bogor dengan dihadiri oleh 94 peserta. Acara ini dibagi menjadi tiga sesi, yaitu talkshow kewirausahaan, talkshow peran dan fungsi CDA bagi mahasiswa, dan workshop job interview dan pembuatan CV.

 

Pembukaan diiringi oleh tarian dari daerah Palembang, Sumatera Selatan, dimulai pukul 08.00 dan disusul pembukaan oleh MC dan tilawah. Talkshow kewirausahaan dengan pembicara Mohammad Baedowy dan Aang Permana yang dimoderatori oleh Tia Muhammad Reza, Menteri PSDM 2016, dimulai pukul 08.20 dan selesai pukul 10.40. Pada talkshow kewirausahaan, kedua pembicara menyampaikan materi seputar perjalanan hidup mereka yang dimulai ketika menjadi mahasiswa hingga saat ini dan juga faktor yang mendukung serta menghambat perjalanan karir mereka. Selain itu, mereka juga membagikan tips dan trik berwirausaha dengan mudah dan tidak mengeluarkan modal yang cukup besar.

 

Acara selanjutnya yaitu talkshow mengenai peran dan fungsi CDA bagi mahasiswa oleh Direktur Pengembangan Minat Bakat dan Hubungan Alumni, Dr. Ir. Syarifah Iis Aisyah M.Sc, Agr, yang dimoderatori oleh Bintoro Pudjo Prawiro, Menteri PSDM 2017, dimulai pukul 10.40 dan selesai pukul 12.00. Pada talkshow kedua, Bu Iis menyampaikan materi seputar peran dan fungsi CDA bagi mahasiswa dari mulai tingkat awal hingga tingkat akhir. Informasi mengenai persebaran alumni IPB juga beliau ceritakan serta berbagai tips dan trik juga beliau berikan bagi mahasiswa tingkat akhir untuk menghadapi dunia pasca kampus. Setelah talkshow kedua berakhir, peserta diberikan waktu untuk mengerjakan ISHOMA selama kurang lebih satu jam yang kemudian tamu hiburan akustik mengisi acara pada pukul 12.50 dengan membawakan dua lagu. Acara kembali dibuka oleh MC tepat pukul 13.00 dan dilanjutkan sesi workshop dengan pemateri Andini Eka Hapsari S.Psi.

 

Pada workshop kali ini dimoderatori oleh Haekal Rasyid Sudrajat. Pada sesi workshop kali ini, bu Andini menyampaikan materi seputar dinamika kehidupan pasca kampus, bagaimana seharusnya mahasiswa fresh graduate mengamati dan memilih pekerjaan yang sesuai dengan passion mereka. Selain itu dipaparkan pula tips dan trik membuat CV yang disenangi oleh HRD. Bu Andini juga banyak berbagi pengalaman mengenai para pelamar kerja di perusahaannya dahulu serta budaya kerja yang dimiliki sebuah perusahaan. Sesi workshop berakhir pada pukul 15.30 dan ditutup oleh MC pada pukul 15.40.

 

Setelah mengikuti acara ini, peserta diharapkan dapat terinspirasi oleh para pembicara dan mendapatkan wawasan mengenai dinamika pasca kampus serta budaya kerja di sebuah perusahaan agar nantinya mereka dapat mempersiapkan dengan baik hal-hal yang diperlukan untuk mencari dan melamar pekerjaan.