Panji Laksono (081219633036) bemkmipb.official@gmail.com

Sekolah Jurnalis merupakan salah satu program kerja dari Kementerian Komunikasi dan Informasi BEM KM IPB 2017 dengan tujuan memfasilitasi minat bakat mahasiswa IPB dalam bidang jurnalis. Peserta berjumlah 40 orang yang berasal dari mahasiswa umum dan perwakilan Kominfo Fakultas. Terdapat tiga materi yang diberikan yaitu jurnalistik, desain, dan videografi.

Kelas pertama diadakan pada Sabtu, 29 April 2017 di Ruang Kuliah CCR 109 mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB. Pembicara pada kelas pertama ini yaitu Ibu Siti Nuryati (Ibu Nur) dan Abang Abdul Azis. Materi penulisan disampaikan oleh Ibu Nur sedangkan materi pembuatan konten media viral disampaikan oleh Bang Abdul.

Terdapat tiga jenis tulisan yang dipelajari, yaitu straight news, feature, dan opini. Straight news merupakan jenis berita yang ditulis berdasarkan kejadian dengan menjawab pertanyaan 5W1H (what, when, who, why, where, how). Sedangkan feature bentuk tulisan terdiri dari beberapa data yang dirangkum dalam satu tulisan. Berbeda dengan opini yang menyajikan data sekaligus menyisipkan pendapat penulis.

Materi pembuatan konten media viral diawali dengan penyampaian data penggunaan internet di masyarakat. Dilanjutkan dengan penjelasan mengenai karakter bahan publikasi yang dapat diviralkan, seperti memicu pembicaraan, dapat diterima publik, dan memiliki cerita yang menarik. Pembuat konten media viral harus dapat berkembang, ada narasi, dan dibuat secara konsisten.

Kelas kedua diadakan pada Sabtu, 6 Mei 2017 di Ruang Kuliah CCR 109 mulai pukul 08.00 – 12.00 WIB. Materi desain layout majalah disampaikan oleh Kak Bagus Dwi Utama.  Layout merupakan tata letak pada suatu dengan untuk mendukung konsep pesan yang dibawakan. Materi dipilih karena sesuai dengan bagian jurnalistik. Keluaran yang diharapkan dari materi ini yaitu peserta dapat memahami layout majalah.

Terdapat tiga tahap dalam membuat sebuah desain baik, diantaranya konsep, eksekusi, dan akhir. Dalam pembuatan desain dimulai dengan pertanyaan: tujuan, target, pesan yang ingin disampaikan, cara menyampaikan (gerakan/desain), tempat pemasangan dan bentuk media, waktu desain dilihat target. Pemilihan jenis media berkaitan dengan cara membaca media, jarak media, dan durasi.

Kelas ketiga diadakan pada Sabtu, 13 Mei 2017 di Ruang Training Center mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB. Materi mengenai pengenalan videografi disampaikan oleh Ibu Tjandra Wibowo. Beliau merupakan salah satu alumni IPB yang memiliki pengalaman di dunia jurnalis dan pertelevisian. Materi teknis pengambilan video dan pembuatannya disampaikan oleh pihak Green TV.

Dalam sebuah produksi video terdapat ada tiga tahap pembuatan yaitu pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Pra produksi dilakukan dengan riset dan membuat narasi (story line), blue print, dan naskah pada bagian akhir. Proses produksi meliputi wawancara, pengambilan gambar dan segala macam yang berkaitan dengan mencari bahan video. Terakhir tahap pasca prduksi yaitu editing.

Penyusunan ketiga materi ini disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa IPB. Diawali dengan pengenalan terkait bidang jurnalis, pengemasan tulisan melalui desain, dan visualisasi suatu ide dalam bentuk video. Harapannya melalui Sekolah Jurnalis ini, dapat menjadi awalan yang baik bagi para jurnalis muda IPB.