Panji Laksono (081219633036) bemkmipb.official@gmail.com

Kementrian yang bergerak dalam aksi-aksi sosial dan pengabdian kepada masyarakat dan sebagai bentuk pembelajaran mahasiswa untuk nantinya akan terjun langsung ke lingkungan masyarakat. 

Program Kerja


Forsos

Forsos adalah forum yang memfasilitasi komunikasi antara Kementerian Sospemas BEM KM IPB dan perwakilan-perwakilan divisi sospemas ormawa se-IPB. Forum ini berbentuk pertemuan formal maupun informal untuk saling bertukar informasi dan pengalaman dalam bidang sosial kemasyarakatan.

Sosmap

 Social Mapping atau pemetaan sosial adalah pengambilan data kondisi dan potensi dari 17 Desa Lingkar Kampus IPB Dramaga. Data yang terhimpun dapat digunakan sebagai rujukan dan dasar bagi ormawa IPB untuk melakukan kegiatan sosial pengembangan masyarakat di 17 Desa sekitar kampus IPB Dramaga.

MRI

Mahasiswa Relawan IPB adalah salah satu program kerja di Kementerian SOSPEMAS BEM KM IPB yang memiliki sebuah tim tanggap bencana yang bernama Tim Relawan Kampus IPB. Tim RKI ini dikoordinator langsung oleh Kementerian SOSPEMAS BEM KM IPB dan mempunyai kegiatan berupa penggalangan dana dan pakaian ketika terjadi bencana alam yang sekiranya membutuhkan bantuan melalui transfer rekening untuk umum dan penyebaran amplop kepada BEM Fakultas, Diploma, SB, dan PPKU untuk internal IPB, serta Tim RKI juga akan menjadi panitia pada kegiatan Kepelatihan Kerelawanan yang akan dilatih langsung oleh ACT (Aksi Cepat Tanggap) Nasional, Pusat.

Bentang asa foundation

Sebuah foundation dibawah naungan kementrian sosial pengembangan masyarakat BEM KM IPB 2017 yang memfasilitasi civitas IPB untuk memberikan donasi biaya pendidikan membantu 18 anak kelas 5 sd yg berasal dari lima sd negri di lingkar kampus IPB yang memiliki keterbatasan ekonomi namun memiliki prestasi dan semangat bersekolah yang tinggi. Selain menyalurkan donasi, Bentang Asa Foundation juga memiliki program pengembangan karakter bagi para penerima beasiwa Bentang Asa Foundation, seperti leadership camp setiap 3bulan sekali.

IPB Social Health and Care

adalah salah satu program kerja dari kementerian sosial dan pengembangan masyarakat yang merupakan perwujudan nyata mahasiswa berupa pengabdian masyarakat dalam bidang sosial dan kesehatan. Kegiatan terdiri dari CGTC(Children Goes to Campus) yang didalam nya terdapat sosialisasi pola hidup bersih dan sehat kepada anak-anak selain penanaman tentang dunia pertanian. Kegiatan puncak adalah pada bulan September yang dinamakan pula dengan bulan pengabdian dimana kegiatan nya adalah Gerakan Mahasiswa Turun Desa.

Rumah Harapan

adalah salah satu Program Kerja Kementerian Sosial dan Pengembangan Masyarakat berbasis pengambangan minat dan bakat. Tahun ini, Rumah Harapan mengangkat tema “Aspirasi Hati Anak Bangsa” melalui pengembangan kemampuan  public speaking dan kepenulisan kepada siswa-siswi kelas 7 SMP 1 dan SMP 2 Dramaga. Adapun tujuan diadakannya program ini adalah untuk membantu siswa-siswi meningkatkan kepercayaan diri dalam public speaking dan kepenulisan.

Organigram


Sagina Mentari

Sekretaris

Rahardian Okta

Menteri

Anis Nisrina

Bendahara

Soffi Lutfia

Staff

Cahyaningsih

Staff

Herdi Hermawan

Staff

Salwa Nadhira

Staff

Dani Robi

Staff

R Hilman W

Staff

Rofikah Fitriana

Staff

Charina Ardinal

Staff

M Riezky

Staff

Prihadi Geyan

Staff

Andre Wiguna

Staff